Rapat Koordinasi Teknis Jaringan Infromasi Geospasial Daerah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur

SHARE

Jakarta, (21/09/2021) Kepala Bidang PPEDP Bapak Alfino Rinaldi secara resmi membuka Rapat Koordinasi Teknis Jaringan Informasi Geospasial Daerah (JIGD) Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Timur Tahun 2023 bertempat di Hotel Harris Vertu Harmoni, Jakarta.

-

Koordinasi teknis ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Rapat Koordinasi JIGD Kabupaten/Kota Tahun 2023 yang telah dilaksanakan pada tanggal 28-30 Agustus 2023 di Kota Bontang.

-

Hadir dalam kegiatan ini unsur Diskominfo Prov. Kaltim sebagai Walidata Provinsi, Bappelitbangda Kabupaten/Kota selaku pengelola JIGD, serta Diskominfo Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur selaku Walidata Kabupaten/Kota.

-

Hadir pula sebagai Narasumber Bapak Aris Haryanto dari Pusat Standarisasi dan Kelembagaan Informasi Geospasial BIG, Bapak Tommy Nautico dari Pusat Penelitian, Promosi dan Kerjasama, BIG dan Ibu Nurul Hidayah, ST, MT dari Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial.

-

Fungsional Perencana Bapak Duma Mangalle menjelaskan tujuan koordinasi ini ada pada dua aspek yaitu aspek kelembagaan dan peraturan, dengan fokus pada penyusunan nota kesepakatan beserta rencana kerja Pemerintah Kabupaten/Kota dengan BIG dan penyusunan Peraturan Daerah terkait JIGD. Kemudian terkait dengan aspek infrastruktur dan teknologi, yaitu penyelesaian permasalahan interkoneksi antara Geoportal Kabupaten/Kota dengan Geoportal Nasional.

-

Sampai dengan saat ini, Kalimantan Timur menjadi salah satu daerah yang memiliki concern dan kemajuan yang baik dalam hal pengelolaan data dan informasi geospasial. Bapak Fino dalam sambutannya mengatakan Kalimantan Timur telah memiliki dasar kebijakan, yakni melalui Peraturan Gubernur Nomor 41 Tahun 2016 tentang One Data One Map, Pergub Nomor 27 Tahun 2017 Tentang Jaringan Informasi Geospasial Daerah, yang selanjutnya diperkuat dengan terbitnya Peraturan Gubernur Nomor 48 Tahun 2021 tentang Satu Data Kalimantan Timur. disalin dari link berikut